Setiap bisnis yang memproduksi barang pasti membutuhkan sebuah tempat atau lahan untuk penyimpanan dan tempat stok barang produksi tersebut yaitu berupa gudang penyimpanan. Dalam dunia bisnis pemilihan gudang sangat dipertimbangkan karena gudang yang nantinya akan digunakan sebagai tempat penyimpanan barang atau hasil produksi sangat mempengaruhi jalannya produksi.

Tidak jarang para pelaku bisnis mempertimbangkan untuk membeli atau menyewa gudang saja, karena beberapa faktor dan beberapa hal. Berikut ini sedikit informasi untuk Anda para pelaku bisnis untuk membantu Anda memberikan pertimbangan baiknya sewa gudang atau tidak, simak ulasannya.

Keuntungan Menyewa Gudang

Lebih Banyak Pilihan

Karena umumnya ada lebih banyak gudang yang tersedia untuk disewa daripada untuk dibeli, menyewa gudang memberikan keuntungan karena memiliki lebih banyak pilihan. Artinya, Anda akan lebih mungkin menemukan gudang yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam hal ukuran, lokasi, fasilitas, dan bahkan peralatan. Seperti sewa gudang di Sentul yang merupakan kawasan industri dan banyak pelaku usaha properti yang menyewakan gudang.

Fleksibilitas

Menyewa gudang hadir dengan fleksibilitas bisnis karena Anda bebas pindah ke fasilitas yang lebih besar seiring pertumbuhan bisnis Anda. Selain itu, karena menyewa gudang tidak memerlukan deposit besar, Anda akan memiliki modal yang tersedia untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan secara maksimal atau menggunakan uang yang tersedia untuk mengembangkan bisnis Anda.Menyewa gudang daripada membeli juga mempermudah menjalankan bisnis Anda dari berbagai lokasi karena Anda tidak perlu membayar biaya deposit, pemeliharaan, dan pemeliharaan yang cukup besar untuk setiap lokasi baru.

Pemeliharaan Gedung Gratis

Keuntungan lain dari menyewa gudang adalah pemeliharaan gedung secara umum adalah tanggung jawab pemilik, memungkinkan Anda untuk menggunakan semua waktu dan uang Anda untuk pertumbuhan bisnis Anda. Sewa gudang di Sentul adalah salah salah satu lokasi terbaik yang bisa Anda jadikan tempat gudang perusahaan Anda dengan berbagai macam fasilitas dan pemeliharaan yang menguntungkan Anda.

Kekurangan Menyewa Gudang

Tarif Berfluktuasi

Menyewa gudang datang dengan kerugian dari harga sewa yang berfluktuasi. Hal ini karena tarif bulanan umumnya bergantung pada kenaikan sewa tahunan serta potensi kenaikan sewa setiap kali sewa diperbarui. Potensi fluktuasi biaya sewa membuat lebih sulit untuk merencanakan biaya dan pertumbuhan di masa depan.

Lokasi Tidak Permanen

Kerugian lain dari menyewa gudang adalah jika tuan tanah memutuskan untuk tidak memperbarui sewa Anda, Anda harus merelokasi bisnis Anda. Tidak hanya mahal secara finansial, ini juga berarti bahwa Anda mungkin harus pindah dalam waktu singkat, yang dapat mengakibatkan Anda harus pindah ke gudang yang kurang sesuai dengan produk dan operasi Anda.

Kontrol Lebih Sedikit

Menyewa gudang juga memiliki kerugian karena memiliki sedikit atau tidak ada kendali atas apa yang terjadi pada bangunan tersebut. Hal ini dapat sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas bisnis Anda karena tuan tanah memiliki keputusan akhir dalam segala hal, mulai dari menyetujui perubahan tata letak hingga menjual properti dan memaksa bisnis Anda untuk pindah.Artinya, jika bisnis Anda berkembang, Anda mungkin harus pindah, sedangkan jika Anda memiliki properti, Anda dapat dengan mudah membangun perluasan untuk memfasilitasi pertumbuhan di masa depan. Selain itu, gudang mungkin sudah dilengkapi dengan rak palet yang tidak cocok dengan rangkaian produk Anda yang dapat membatasi produktivitas.

Tidak Ada Ekuitas

Akhirnya, jika Anda memutuskan untuk menyewa gudang, pembayaran bulanan Anda yang cukup besar akan melunasi hipotek orang lain. Namun, Anda tidak akan memiliki ekuitas di gedung tersebut karena Anda hanya menyewa, yang tidak akan meminjamkan bisnis Anda tanpa keuntungan modal.