Bagi anda pecinta dunia otomotif pasti akan senang sekali ketika dihadapkan dengan cara-cara perawatan kendaraan. Kebetulan kendaraan yang akan saya bahas disini adalah mobil. Sejak dulu mobil sudah dipersepsikan sebagai kendaraan yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya.

Bagi mereka yang sudah memiliki dana yang cukup besar untuk mendanai perawatan kendaraannya tentu tidak akan ada masalah yang berarti. Namun ada juga para pemilik mobil yang tidak terlalu peduli dengan tampilan mobilnya, entah sang pemilik terkendala dengan dana yang terbatas atau memang dari sifat sang pemilik kendaraan yang tidak resik. Walaupun cara pandang setiap orang berbeda-beda dalam melihat cara perawatan yang baik bagi sebuah mobil, kami akan tetap memberikan tips-tips terbaik seputar perawatan mobil ini. Simak ulasannya berikut ini.

Tips Merawat Mobil

  1. Penggantian oli mobil

Oli merupakan aspek terpenting dalam sebuah perawatan mobil. Tak ada yang perawatan yang paling penting selain mengganti oli kendaraan. Perawatan seperti ini adalah perawatan yang mutlak agar mesin mobil tidak cepat aus.

  1. Penggunaan bahan bakar yang tepat

Ada beberapa kendaraan yang tidak cocok menggunakan jenis bensin seperti premium, misalnya saja adalah mobil sport. Penggunaan bahan bakar yang tepat membuat mesin mobil menjadi lebih awet.

  1. Penggunaan air bersih untuk radiator

Penggunaan air radiator yang benar adalah air bersih. Jangan menggunakan air secara sembarangan, kalau boleh saya memberikan tips, beli saja satu botol aqua ukuran 1 liter untuk mengisi radiator. Yang dikhawatirkan apabila anda menggunakan air yang tidak higienis menyebabkan pengendapan kotoran pada mesin mobil.

  1. Perawatan cat mobil

Gunakanlah sampo atau sabun khusus untuk mobil. Hal ini dilakukan demi menjaga cat mobil anda tetap mengkilap. Biasanya kalau kita menggunakan air sabun biasa (sabun krim) maka warna mobil akan mudah lutur seiring dengan berjalannya waktu. Selain merawat cat dengan cara pembersihan, ada cara lain untuk menjaga cat mobil tetap mengkilap yaitu dengan menghindarkan mobil dari sinar matahari langsung saat diparkir. Pasanglah kain penutup mobil jika mobil anda terkena sinar matahari langsung saat diparkir.

  1. Penggunaan transmisi yang benar

Tips ini lebih bersifat teknis dalam mengendarai mobil. Sesuaikanlah transmisi dengan fungsi yang sebenarnya. Hal ini demi menjaga tarikan mesin mobil anda tetap bagus.

  1. Hindari kecepatan yang terlalu tinggi

Poin ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Setiap mobil memiliki batasan kecepatannya masing-masing. Jangan terlalu memaksakan diri dalam memacu kecepatan. Terkadang orang yang memacu kecepatan tinggi terlalu sering lebih karena ingin menonjolkan kelebihan mobilnya dibandingkan memperhatikan keselamatannya dirinya.

  1. Hindari rem mendadak

Jika anda tidak memacu kecepatan mobil anda terlalu tinggi dan tidak memaksakkan diri maka poin ke tujuh ini tidak perlu dikhawatirkan. Proses pengereman yang mendadak bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Di sisi lain ban dan kamvas rem anda akan lebih mudah habis apabila kebut-kebutan.

  1. Penyesuaian beban mobil

Beban yang terlalu berlebih dalam sebuah mobil akan sangat mengganggu kenyamanan. Chasis dan shock breaker mobil akan mudah tusak jika beban yang terlalu berlebih selalu diemban oleh mobil. Hal ini juga bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

  1. Pembersihan noda mobil

Bersihkanlah noda-noda debu dari jalan dengan menggunakan sehingga tidak menimbulkan goresan pada body mobil. Melakukan pembersihan tidak selalu harus dengan mencuci mobil, kalau mobil masih dalam keadaan kotor yang standard (misalnya hanya debu jalanan yang menempel), anda bisa menggunakan lap atau kain untuk membersihkan

  1. Ganti spare part mobil yang sudah rusak

Tips merawat mobil terakhir dari saya adalah penggantian spare part mobil yang rusak. Jika spare part kendaraan yang rusak dibiarkan terus-menerus bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal pada mobil.